Al Abidin

TKII AL aBIDIN

SDII Al Abidin

SMPI Al Abidin

SMA ABBS Surakarta

S

c

h

o

o

l

s

Contact TKII Al Abidin :+(0271) 735552

 
Moderator

Moderator

30 November 2018

Kamis, 29 November 2018 dan Jumat 30 November 2018, siswa-siswi KB-TKII Al Abidin mengikuti SWITER (Study Wisata Karakter) ke papa ron's Pizza Solo. 

Wow anak-anak sangat antusias mengikuti semua kegiatan yang ada. Disana anak-anak bisa membuat pizza kreasi sendiri lho, asyik sekali. 

30 November 2018

Selasa, 27 November 2018 ada yang spesial di Kb-tkii Al Abidin....
Yeeaayy Science Day.....
Beginilah kami belajar.....asyik dan menyenangkan.....

Mendekatkan sains kepada anak - anak dengan mencoba beberapa eksperimen sederhana yang asyik dan menyenangkan...

Percobaannya menarik hati anak-anak lho. Asyik sekali, anak-anak mengamati sambil penasaran ingin mencoba sendiri.

Ada Walking water, Ballon Inflator, Rice in a bottle, Magic Colour, Floating ball, Raining Blood, dll. 

15 Oktober 2018

KB- TKII Al Abidin mulai membuka Pendataan Peminat Sekolahuntuk tahun 2019/2020. Yuk segera bergabung. Berminat?

15 Oktober 2018

Pendataan Peminat Sekolah Tahun Pelajaran 2019/ 2020 sudah dibuka sejak awal Oktober. Daftar segera yuks.

Kelas Batita : Usia 1 tahun

Kelas KB : Usia 3 Tahun

Kelas A : Usia 4 Tahun

Kelas B : Usia 5 Tahun

CP: Bu Wiwik 081548411901

 

 

 

 

 

10 Februari 2018

Alhamdulillah, festival Keluarga Kompak Kb-tkii Al Abidin berjalan dengan meriah hari ini. Acara demi acara berjalan dengan lancar. Ada pentas drum dari ananda Zidane kelas 4 Sdii Al Abidin, serta pertunjukan sulap ananda Nesya Kelas 5 Sdii Al Abidin yang memeriahkan acara. Lomba-lomba yang diadakan pun diwarnai senyum ceria ananda serta mama/papanya.

#ayoketkii
#homeyandfriendlyschoolforkids

05 Desember 2017

Tahapan perkembangan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) bukanlah keterampilan yang dapat begitu saja dikuasai anak. Terdapat keterampilan-keterampilan pendahuluan yang harus dimiliki anak untuk akhirnya bisa membaca, menulis, dan berhitung.

  • Membaca. Melihat gambar adalah bentuk membaca yang paling sederhana. Balita usia 3-5 tahun diharapkan sudah memiliki ketertarikan untuk “membaca” gambar, simbol, dan logo yang ada disekitarnya. Untuk itu salah satunya anak membutuhkan exposure yang tinggi pada buku bergambar. Pada usia 4-6 tahun balita baru mulai diharapkan mampu membaca gambar, simbol, dan logo. Membaca dengan pola diharapkan mulai dikuasai balita pada usia 5-7 tahun. Selain mengenali bentuk dan pola, anak juga harus bisa memegang buku dengan baik dan mampu membalikkan dari kiri ke kanan. Keterampilan ini sangat berhubungan erat dengan perkembangan keterampilan motorik anak.
  • Menulis. Jauh sebelum anak bisa memegang pensil dengan baik, ia perlu belajar “menjumput” (memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari). Ia perlu mengetahui bahwa tulisan itu memiliki arti. Kembali lagi bisa dikembangkan dengan memperlihatkan berbagai buku.
  • Berhitung. Anak perlu memahami konsep berhitung, bahwa satu untuk satu benda (one-to-one correspondence). Jadi sebelum mengajarkan anak menghitung satu-dua-tiga, ajarkan anak untuk membagikan satu benda untuk satu orang atau satu benda ke dalam satu lubang (bisa memakai congklak). Seperti isebutkan diatas, mengenali simbol termasuk angka baru diharapkan setelah anak berusia 4-6 tahun.

Untuk les calistung, sebaiknya jangan diberikan kepada balita dibawah usia 6 tahun. Karena pada saat anak berusia 6-7 tahun, ia baru mencapai kematangan sensori dan motorik. Pada saat itulah anak benar-benar siap untuk menulis dan membaca. 

Pada akhirnya semua balita pasti bisa membaca dan menulis, hanya waktunya yang mungkin berbeda-beda. Karena perkembangan tiap anak berbeda. Ada yang bisa membaca pada usia 4 tahunatau baru ketika usia 5 tahun. Jadi jangan khawatir bila balita lain sudah menguasai keterampilan tertentu sementara balita Anda belum.Lihat kisaran usianya saja. Jangan memaksa belajar membaca terlalu dini!

Apabila dipaksakan untuk membaca dan menulis pada saat belum siap, balita akan memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dan muncul penolakan. Namun, saran ini tidak berlaku untuk anak-anak yang memang memiliki ketertarikan dalam membaca dan menulis yang sangat tinggi. Apabila balita sudah sangat tertarik, bisa mulai mengajarkan atau memasukkan ke tempat les calistung. Sebelum ikut les, perhatikan cara pengajarannya. Jangan sampai setelah les minat membaca, menulis dan berhitung anak malah menurun.

 

https://www.ayahbunda.co.id/balita-tips/mengajarkan-balita-membaca2c-menulis-dan-berhitung

 

27 November 2017

 Sabtu, 25 November 2017 berbagai kegiatan dilaksanakan di KB-TKII Al Abidin. KB-TKII Al Abidin mengirimkan beberapa siswa kelas B untuk ikut serta menyemarakkan lomba yang digelar oleh IGTKI PGRI Kota Surakarta di THR Sriwedari Solo. Lomba yang digelar diantaranya estafet mengancingkan baju, pentas seni dan menggambar sketsa. Lomba digelar dalam rangka menyemarakkan hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2017. Para siswa sangat bersemangat mengikuti lomba yang diadakan. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan di THR, dilanjutkan oleh pertemuan rutin guru karyawan KB-TKII Al Abidin di rumah Ibu Dian, salah satu guru. Pertemuan rutin diisi oleh pengajian serta arisan Kegiatan ini diadakan agar semua guru semakin kompak dan mendapatkan suntikan ruh agar ruhiyah guru karyawan semakin meningkat dan siap menghadapi semua tantangan, dan pengalaman baru yang ada.