Al Abidin

TKII AL aBIDIN

SDII Al Abidin

SMPI Al Abidin

SMA ABBS Surakarta

S

c

h

o

o

l

s

Contact TKII Al Abidin :+(0271) 735552

Tips Masak bersama ananda

Written by 
Published: 09 November 2017
131 times Last modified on Kamis, 09 November 2017 15:19
Rate this item
(0 votes)

Kebanyakan anak suka membantu saat memasak. Meski membuat dapur berantakan, mereka bisa belajar berkreasi. Karena itu, cobalah ajari anak memasak. Tips berikut bisa membantu Anda dan si kecil menjadikan proses masak lebih menyenangkan.

  1. Luangkan waktu

Berpikirlah bahwa memasak dengan anak akan membutuhkan waktu lebih lama dari memasak biasanya. Khususnya jika membuat masakan dengan anak yang lebih kecil. Pilihlah waktu di akhir pekan untuk mengajak mereka masak. Tentunya memasak bersama mereka tidak hanya berkaitan dengan hasil tapi juga prosesnya. Karena itu nikmati saja pengalaman ini.

  1. Sadar dapur akan lebih berantakan

Memasak sendiri saja sudah membuat dapur berantakan. Apalagi jika anak-anak terlibat. Coba kurangi sedikit kekacauan dengan menempatkan taplak meja plastik di lantai atau nampan di tempat mereka membuat adonan. Tapi tetap biarkan kekacauan terjadi agar lebih menyenangkan. Lalu Anda dan anak bisa membereskannya bersama-sama.

  1. Buat perencanaaan

Pilihlah resep yang tepat bagi anak dan menyenangkan. Resep yang mereka sukai dan melibatkan banyak aktivitas seusai usianya. Sebaiknya cari makanan sederhana tapi tetap kreatif dan penuh warna.

Pastikan Anda punya semua bahan dan perlengkapan sebelum memasak bersama mereka. Jika perlu, ajak anak berbelanja kebutuhan masak.

  1. Memberitahu lewat resep.

Dengan anak yang lebih besar, mereka bisa membaca langkah masak dan menentukan apa yang dibutuhkan. Bicaralah dengan mereka saat melalui proses masak dan rencanakan apa yang akan dilakukan.

Dengan anak lebih kecil, jelaskan secara sederhana apa yang sedang dibuat. Tunjukkan gambar yang bisa membantu mereka paham proses dan tujuan.

Ketika memasak dengan anak, sebenarnya tidak perlu sepenuhnya mengikuti resep. Bisa saja Anda dan anak melakukan modifikasi. Biarkan mereka memberi masukan dan jadikan ini kesempatan mengajari mereka kombinasi rasa berbeda pada masakan. Misalnya mengapa bahan tertentu cocok dipakai dalam masakan itu.

  1. Buat menyenangkan.

Aturan ini sangat penting dilakukan saat memasak dengan anak. Banyak penelitian menunjukkan anak belajar lebih banyak lewat bermain. Begitu juga saat di dapur.

Anak-anak akan belajar menyukai proses masak jika Anda tenang dan bersenang-senang dengan mereka di dapur. Jangan stress dengan kekacauan yang terjadi.

Anda sebaiknya terlibat membantu mereka jika benar-benar diperlukan. Selebihnya biarkan anak menikmati proses kreatifnya.